Tiga Hal Yang Akan Membuat Hidup Anda semakin Sukses dan Mulia

Tiga Hal Yang Akan Membuat Hidup Anda semakin Sukses dan Mulia

Harlanpurwanto.com – Siapa sih yang tidak mau menjadi orang sukses? Tentu semua orang ketika ditanya mau banget. Bahkan hampir setiap orang mengatakan, saya harus sukses. Sukses menjadi kata yang sering disebut dan menjadi motivasi tersendiri bagi mereka yang memiliki cita-cita.

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa sukses? Sebelum kita membahasa cara untuk sukses, mari kita renungkan sejenak, apa makna sukses menurut Anda? Apa arti sukses untuk Anda? Coba kata sukses ini kamu terjemahkan terlebih dahulu. Setelah itu baru Anda akan mengetahui bagaimana caranya.

2013 lalu, saya mengikuti sebuah seminar dalam inagurasi pengurus komunitas suksesmulia besutan gurunda Bapak Jamil Azzaini yang membahas tentang sebuah konsep SuksesMulia. Sejak saat itu pola pikir saya mulai berubah, ternyata sukses tidak hanya memiliki satu makna, seperti yang sering orang katakan. Namanya sukses itu ya hartanya berlimpah. Kalau belum sampai dilevel itu belum dikatakan sukses.

Lantas apa makna sukses yang diajarkan diseminar tersebut? Dalam seminar tersebut kita memang ditantang untuk menjadi orang sukses, namun tidak hanya sekadar sukses tapi juga mulia. Sehingga konsep ini disebut SuksesMulia, duh apalagi itu maknanya? Hehehe

Sukses artinya ketika kita memiliki 4TA yang tinggi, apa saja itu 4TA? Yaitu Harta, Tahta, Kata dan Cinta. Bukan wanita ya, bagi yang menebak wanita Anda salah. Hehehe. Maknanya, harta, kita harus memiliki harta yang banyak dan berlimpah. Tahta, tentu diantara kita ada yang memiliki jabatan, misal ketua komunitas, ketua RT, atau bahkan pejabat negara atau pemimpin sebuah bisnis, apapun jabatan yang Anda emban saat ini itu sudah layak disebut tahta. Kata, setiap kita yang memiliki ilmu yang banyak, bisa jadi ilmu yang kita dapatkan dari sekolah dan kuliah atau ilmu yang kita dapatkan dari pembelajaran secara langsung di masyarakat. Cinta, maknanya adalah ketika kedantangan kita selalu ditanyakan kemana kok si A tidak kelihatan lagi dan kedatangan kita selalu ditunggu-tunggu.

Apakah kita harus mencapai keempatnya baru dikatakan sukses? Tidak, satu TA saja Anda miliki, Anda sudah layak dikatakan sukses. Apakah itu harta, tahta, kata ataupun cinta.  Selanjutnya 4TA tersebut kita gunakan untuk sebanyak-banyaknya kebermanfaat bagi masyarakat, inilah yang disebut Mulia. Jadi konsep SuksesMulia adalah memiliki 4TA atau salah satunya dan menggunakan itu untuk kebermanfaatan masyarakat yang membutuhkan. Tidak hanya kita nikmati sendiri, sehingga akan menjadikan diri semakin tamak dan mati empatinya.

Lantas bagaimana agar kita bisa mencapai SuksesMulia? Ini tips yang bisa Anda lakukan.

Pertama, Bangun Visi Hidup

Bayangkan ketika kita hidup tanpa memiliki tujuan yang jelas. Apa yang akan kita rasakan? Yes, lelah dalam menjalaninya. Karena kita tak tentu arah, asal menjalani kehidupan saja. Visi itu Apa yang Anda banggakan di hadapan Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa kelak, di hadapan orang tua, sahabat, keluarga & masyarakat. Visi Hidup yang kita miliki adalah dorongan kuat untuk kita bertumbuh. Semakin kuat dan besar visi hidup Anda, maka Anda akan semakin semangat dalam memperjuangkan terealisasinya sebuah visi.

“Ketika seseorang tidak memiliki visi untuk masa depan, mereka belum memikirkan tentang besok. Akhirnya mereka hilang. Sungguh berbahaya tidak memiliki visi, apalagi ia seorang pemimpin.” Pearl Journal of Management, “Leadership Qualities for 21st Century Leaders” Khandakar A. H

Quote dari sebuah jurnal diatas tentu memberi tamparan keras buat Anda yang tidak memiliki Visi, apalagi seorang pemimpin. Apa jadinya jika Anda meminpin sebuah tim tanpa memliki sebuah visi yang jelas, tentu tim Anda akan kebingungan arah dan bahkan kehilangan arah. Jadi,

Apa Visi Hidup Anda? Yang akan Anda perjuangkan hingga kapanpun juga atau bahkan akan Anda wariskan kepada anak cucu kelak.

Kedua, Fokus dan Komitmen Melakukan Aksi

Visi besar tidak akan pernah ada artinya ketika tidak diiringi dengan aksi yang kuat. Maka, tips kedua adalah Anda wajib fokus dan komitmen dalam menjalankan aksi-aksi untuk mencapai visi hidup tersebut. Ketika sudah memiliki Visi Hidup, mulailah merancang aksi-aksi yang bisa mendekatkan Anda kepada visi tersebut.

Setidaknya lakukan 3As untuk menjalankan aksi tersebut. Apa saja itu? Kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.

  • Kerja Keras

Kuatkan fisik Anda untuk melakukan hal-hal besar yang tentu itu membuat visi Anda makin dekat. Latih kemampuan yang Anda miliki hingga menjadi seorang expert dibidang tertentu. Sehingga kemapuan itu mampu mendorong tercapainya visi.

  • Kerja Cerdas

Menggunakan kecerdasan yang diberikan oleh Tuhan, yang itu sudah ditanamkan sejak Anda masih dalam kandungan. Berpikir cerdas, tentu membuat Anda terus merumuskan hal-hal strategis dan merancang action plan untuk dijalankan.

  • Kerja Ikhlas

Melibatkan Tuhan dalam setiap tindakan, sehingga akan mebuat Anda semakin tenang dan mudah. Meniatkan apapun yang dilakukan sebagai ibadah kepadaNYA. Sehingga Anda bisa mendapatkan keduanya, dunia dapat dan akhirat juga dapat.

 

Ketiga, Bangun Semangat Kolaborasi dengan mengguatkan kokreasi

Kita diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk sosial, yang artinya kita tidak bisa hidup sendiri. Kita akan membutuhkan bantuan orang lain dalam mewujudkan sesuatu. Kolaborasi, membuat kita semakin melejit. Kolaborasi menjadi hal wajib dilakukan bagi kita yang ingin sukses lebih cepat. Apalagi jika kita bisa berkolaborasi dengan seseorang yang sukses lebih dahulu. Jadi, segera cari partner kolaborasi Anda, untuk mewujudkan visi hidup Anda. Anda bisa kolaborasi dengan siapa saja, mulai dari keluarga hingga reka ada disekililing Anda. Semangat kolaborasi atau kokreasi ini semangat yang mulia, selain membuat Anda sukses juga membuat orang disekeliling Anda ikut sukses.

Seperti yang dilakukan sebuah perusahaan selular ternama di Indonesia, Smartfren yang baru-baru ini melaunching Program WOWLabs, sebuah wadah kokreasi untuk mengumpulkan generasi konten di Indonesia. Melalui wadah ini Smartfren ingin memberikan dukungannya supaya generasi muda di Indonesia agar dapat selalu berkreasi tanpa batas, mewujudkan ide – ide dan karya mereka sehingga dapat mengubah wajah Indonesia. Saat ini melalui platform tersebut, Smartfren telah menggandeng brand dan kreator lokal, yakni Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan Ahha Official Store untuk bersama-sama membuka berbagai peluang berkreasi dan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik.

“Lewat WOWLabs, kami ingin mewujudkan semangat kokreasi untuk bersama-sama mengembangkan satu wadah yang berkontribusi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Kami akan mulai dari membuat produk khusus yang hasil penjualan seluruhnya didedikasikan untuk memberikan akses internet pada sekolah dan siapapun yang membutuhkan. Harapannya, semangat kokreasi ini lebih dari sekadar menginspirasi, tapi juga turut membuka peluang berusaha serta mengembangkan diri untuk banyak orang. Smartfren WOWLabs merupakan sebuah kanvas kokreasi dari, oleh dan untuk kita semua.” Jelas Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren

Program WOWLabs kokreasi ini juga sudah memunculkan banyak anak muda semakin bersinar. Beberapa kisah ini juga bisa menjadi pelajaran kita untuk terus menggaungkan semangat kokreasi atau kolaboraski.

Hana Madness dan Show the Monster adalah kreator lokal yang fokus pada pengelolaan intellectual property (IP) berupa desain karakter. Ada kisah unik di balik berbagai karakter yang dibuat oleh kedua kreator ini. Hana Madness, bernama lengkap Hana Alfikih, membuat karyanya dengan inspirasi dari pergelutan pribadinya dengan kesehatan mental. Sedangkan Show the Monster merupakan sebuah tim yang dipimpin oleh Evan Aditya untuk mengembangkan IP berupa desain karakter berbentuk macam-macam monster.

Sementara itu Ahha Official Store dan Stayhoops merupakan brand lokal yang dikenal memproduksi berbagai produk fashion. Ahha Official Store merupakan brand lokal milik kreator konten Atta Halilintar, yang memproduksi berbagai produk fashion anak muda seperti outer dan t-shirt. Sedangkan Stayhoops adalah brand lokal yang memproduksi antara lain kaus kaki dan masker.

Sebelum meluncurkan WOWLabs, Smartfren juga telah menjalin kemitraan dengan berbagai kreator muda Indonesia. Salah satunya adalah Addy Debbil, seniman grafis yang hasil karyanya ditampilkan dalam WOW Virtual Concert 2020 lalu. Selain itu desain karyanya juga disematkan dalam kaus dan masker yang dijual melalui Ahha Official Store, untuk kemudian hasilnya didonasikan melalui Benih Baik kepada masyarakat yang membutuhkan.

Ketiga hal yang bisa membuat hidup Anda semakin sukses yaitu Pertama, Bangun Visi Hidup, Kedua, Fokus dan Komitmen Melakukan Aksi dan Ketiga, Bangun Semangat Kolaborasi dengan menguatkan kokreasi. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi Anda untuk terus tumbuh Sukses dan Mulia.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *