The Toyota Way

The Toyota Way

Sejarah Toyota memang sangat menarik dan menginspirasi banyak kalangan. Dari sebuah mesin tenun menjadi sebuah kendaraan yang mendunia, bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan kerja keras, ketelitian, dan tekad yang kuat untuk menuwujudkan semuanya. Tapi Toyoda, sang pendiri Toyota, mengajarkan rahasia kesuksesannya kepada semua karyawannya. Toyota menganggap karyawan adalah satu kesatuan mata rantai yang tidak bisa dipisahkan.

Banyak literatur dan ahli yang telah membahas tentang Toyota Way, salah satunya adalah Prof. Jeffrey K. Liker dengan buku ternama dan mendunia yaitu The Toyota Way.  Buku ini sudah sangat sulit dijumpai di toko buku. Bagi yang ingin banget dan ngebet boleh hunting ke toko buku online uar negeri, semoga beruntung mendapatkannya.

Nah, yuk kita pelajari sedikit tentang Toyota Way. Seperti yang telah saya pelajari pada saat saya masih mengukir karir di salah satu dealer Toyota di Tangerang, Jakarta dan Bekasi, disanalah saya didaulat sebagai kaizen Man. Mau tidak mau saya harus belajar tentang hal ini. Toyota sangat kuat dalam filosofi dan membangkitkan semangat para pekerja untuk terus loyal. Lantas, apa sih yang membuat Toyota begitu kuat? Setidaknya ada 2 Pilar dan 6 fondasi dalam Toyota Way yang bisa kita pelajari dan ambil manfaat. Apa saja? Yuk kita simak bersama;

Fondasi Toyota Way :

  1. Tantangan
  2. Genci Genbutsu
  3. Kaizen
  4. Menghargai
  5. Team work

2 Pilar Utama Toyota Way

  1. KAIZEN
  2. Menghargai Orang Lain (respect for Other)

Resapi dulu 7 hal tersebut dan kemudian aplikasikan dalam bisnis Anda, dikesempatan yang lain nanti akan saya bahas lebih lanjut.

Salam Kaizen,

Harlan Purwanto Albayan

Kaizen Konsultan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *