the Pilar of Toyota Way

the Pilar of Toyota Way

Siapa sih diantara Anda yang tidak tahu merk Toyota? kalau ada yang bilang belum pernah lihat, mungkin dia tidak pernah keluar rumah sama sekali. hehehe Mobilnya sudah berada dimana-mana , bahkan dipelosok negeri di Indonesia. Memang betul perjalanan perusahaan Toyota begitu luar biasa hebat, tentunya untuk kita teladani dan ambil manfaatnya. Membangun perusahaan sekelas Toyota memang tidaklah mudah, namun menghadirkan apa yang telah dilakukan Toyota di perusahaannya ke dalam perusahaan Anda itu yang bisa Anda lakukan.

Perjalanan panjang telah Toyota lalui dengan berbagai merk atau type mobil. Bahkan Toyota selalu menjadi yang terdepan dalam penjualan, meskipun ada kalanya turun juga penjualannya. Tapi bukan itu yang mau saya bahas, melainkan bagaimana mampu berdiri tegak nan kokoh hingga sekarang.

Setiap kali kita membangun rumah, tentu kita akan memulainya dengan membuat pondasi rumah terlebih dahulu, tapi dengan catatan persiapan lainnya sudah siap seperti gambar rancang bangunan dan perangkatnya. Setelah itu tentu akan memulai berbagai proses lainnya, hingga membuat tembok dan terkadang untuk memperkokoh bagunan dibuatlah tiang atau tulang cor. Apalagi kalau membuat rumah yang besar, maka dibutuhkan Tiang/Pilar.

Sama halnya dengan Toyota dalam membangun bisnisnya yang kokoh hingga sekarang, yaitu dengan membuat pondasi perusahan dan tiang/pilang perusahaan. lantas apa saja pilar yang dibangun oleh Toyota?

  1. Kaizen

Pilar pertama adalah kaizen, kalau saya menyebutnya kaizen adalah sebuah mindset yang terinstall di dalam perusahaan dan juga karyawan. Jika mindset Kaizen ini teraplikasi dengan baik, maka perusahaan akan semakin kuat dan besar. Dalam konsep Kaizen, setiap proses, pencaipaian tidak ada kata terbaik, kenapa? bukankah terbaik itu sebuah tujuan utama? justru dengan kita bermindset terbaik dalah tujuan, maka setelah tujuan tercapai, apa yang bisa dikerjakan? semua orang cenderung akan puas dan berdiam diri hingga waktu yang tidak ditentukan. hehee. Tapi, dalam kaizen tidak ada yang terbaik, namun selalu ada yang LEBIH BAIK. Selalu ada yang lebih baik, target tercapai, perbaiki lagi cari posisi yang lebih baik lagi dan terus bergulir hingga kapanpun.

2. Menghargai Orang Lain

Pilar Kedua yang dipakai oleh Toyota adalah Menghargai Orang Lian. Pilar yang sangat Indonesia banget, kalau dalam bahasa Jawa namanya ‘nguwongke uwong” atau memanusiakan manusia. menghargai siapapun, apapun jabatannya. Semua wajib saling mengharga satu sama lain, dan perilaku ini terisntall ke seluruh karyawan dari CEO hingga Office Boy. kira-kira apa yang akan terjadi jika ini dijalankan diperusahaan Anda? silakan praktekan sendiri.

 

kedua pilar itulah yang kemudian membuat Toyota kokoh hingga sekarang, dan menajdi perusahaan yang semakin besar dan semakin besar karena dengan terus LEBIH BAIK dan LEBIH BAIK.

Bagaimana dengan Perusahaan Anda? apa pilar yang telah Anda isntall ke karyawan atau tim Anda saat ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *