Seekor Sapi Untuk Delapan Orang Part 1

Seekor Sapi Untuk Delapan Orang Part 1

Hari raya qurban sudah didepan mata, banyak orang berbondong-bondong membeli atau memesan hewan untuk diqurbankan. Berqurban memang sebuah kesunnahan yang telah diajarkan oleh Nabi Allah Ibrahim Alaihisalam, dan bisa menjadi wajib bagi mereka yang memiliki kekayaan lebih. Sebuah pelajaran tentang ketaatan dan kesabaran dari seorang utusan yang tidak pernah menolak atas perintah-NYA, termasuk menyembelih putranya sendiri. Meskipun dalam pelaksanaannya, Allah ganti Nabi Ismail dengan Gibas atau Domba.

Kali ini saya tidak akan membahas sejarah tersebut, melain sebuah cerita seorang yang mau berqurban dengan seekor sapi namun dengan jumlah pengqurban delapan orang. Bisa tidak kira menurut Anda semua? Nah begini ceritanya.

Ada seorang kepala keluarga yang ingin berqurban, namun beliau hanya mau  seekor sapi untuk delapan orang dengan komposisi 1 istri, 1 ayah (dia sendiri), 2 mertua, 3 anaknya yang telah dewasa, dan 1 cucunya yang masih kecil sekitar usia 5tahun. Kemudian datanglah dia ke sebuah kiayi untuk meminta pendapat, maksudnya biar makbul juga qurban yang akan dikeluarkan satu keluarga tersebut.

Sebut saja “Abah”, beliau sedang mencari solusi qurban untuk dia dan keluarganya. Datanglah dia ke beberapa kiayi untuk mendapat jawaban dan nasehat. Tujuannya hanya satu, agar qurbannya bisa tertunaikan dan berkah.

Abah : “Assalamu’alaikum Pak kiayi”

Kiayi  : “Wa’alaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh”, jawab Pak kiayi sambil mempersilakan masuk, mempersilakan untuk duduk. “Ada apa tumben-tumbenan Abah datang kemari?” tanya si Kiayai.

Setelah ngobrol ngalor ngidul akhirnya si Abah menceritakan maksud dan tujuannya datang ke rumah Pak Kiayi.

Abah : “Begini Kiayi, saya mau qurban untuk saya dan keluarga” terang Abah

Kiayi : “Alhamdulillah, niat baik harus segera dilaksanakan” sahut kiayi

Abah : “betul kiayi, namun saya hanya punya seekor sapi kiayi, dan itu untuk delapan anggota keluarga saya”

Kiayi : “Menurut Islam, tidak bisa, seekor sapi hanya bisa untuk tujuh orang saja, kalau mau Antum beli lagi domba untuk yang 1 orangnya”. Jawab sang kiayi

Abah : “ga bisa kalau gitu ya kiayi”

Kiayi : “Tidak bisa, sudah menjadi syariatnya” jelas kiayi

Akhirnya si Abah langsung pamit dan pergi mencari solusi kembali. Pokoknya seekor sapi musti buat delapan orang itu saja. Setelah ke kiayi 1, Abah lanjut ke Kiayi 2, dan Kiayi 3, si Abah mendapatkan jawaban yang sama seperti jawaban Kiayi 1. Hampir putus asa si Abah dalam mencari solusi qurban untuk dia dan keluarganya.

Akhirnya setelah kesana kemari ke beberapa kiayai tersebut, si Abah memutuskan untuk yang terakhirnya kalinya. Setelah muter-muter kesana kemari, akhirnya si Abah nemu kiayi yang dekat dengan kampungnya. Temukan lanjutan ceritanya di Si Abah qurban 1 sapi untuk 8 orang Part 2 yaa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *