Menjahit Growth Mindset, Literasi dan Entrepreneurship Untuk Buka Peluang Memajukan Indonesia Bersama Smartfren Community

Menjahit Growth Mindset, Literasi dan Entrepreneurship Untuk Buka Peluang Memajukan Indonesia Bersama Smartfren Community

Harlanpurwanto.com Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi sangat besar untuk menjadi negara maju. Potensi tersebut bisa dilihat dari sumberdaya alam yang berlimpah hingga sumberdaya manusia yang berkarakter. Dua modal besar ini yang harus terus dikelola untuk memajukan Indonesia. Bagi kita yang berada di berbagai kota di Indonesia tentu mampu melihat potensi-potensi yang kemudian bisa dikelola untuk memajukan Indonesia dengan buka peluang dari potensi tersebut.

Seperti halnya saya, yang berada di Kota Tangerang. Kota Tangerang merupakan kota yang berada di bawah pemerintahan provinsi banten. Kota ini juga sebuah kota penyangga ibu kota Jakarta, dekat dengan ibu kota tentu memberikan keuntungan tersendiri. Kemudahan akses informasi, peluang untuk berkembang dan lainnya juga lebih besar.

Namun, berbagai masalah juga banyak dihadapi, seperti pengangguran, pendidikan tidak merata dan berbagai masalah lainnya. tahun-tahun sebelumnya Smartfren Community melakukan roadshow di berbagai Sekolah dan kampus. Roadshow ini hadir ke sekolah menengah pertama hingga menengah atas dan kampus. Roadshow ini bertujuan memberikan edukasi dan mini riset yang dihadapai generasi muda penerus bangsa saat ini. Setidaknya ada beberapa hal mendasar yang kemudian bisa saya simpulkan. Pertama, fix mindset yang diadopsi oleh generasi muda. Kedua, minat baca atau kemampuan literasi yang rendah, seperti minat bacanya rendah. Ketiga, banyaknya penganguran yang tinggi disebabkan sekolah vokasi yang tidak termaksimalkan. Ketiga masalah ini saya ambil dari sudut pandang saya sebagai generasi muda yang akrab dengan kegiatan dan kehidupan pemuda saat ini.

Sejak tahun 2012 saya sudah terjun ke berbagai komunitas seperti komunitas sosial, budaya, agama, kepemudaan hingga hoby. Bahkan sempat mensinergikan berbagai komunitas ini dalam sebuah event Pesta Komunitas Kota Tangerang tahun 2015. Jejak digitalnya bisa kamu cek di twitter @pesta2015 kalau kamu pernah ikut, silakan sambil nostalgia kegiatan tersebut. Hehehe Berbekal dari pengalaman inilah saya menyimpulkan ketiga hal tersebut. Lantas dari berbagai masalah tersebut apa yang bisa kita lakukan?

Smartfren Community melakukan aktivitas #bukapeluang untuk memperbaiki ketiga masalah tersebut. Membangun generasi yang unggul di Indonesia, kita tidak bisa sendirian. Kita harus melakukan sinergi bersama stakeholder yang berwenang sehingga programnya bisa lebih berdampak. Ini yang kami lakukan untuk Tangerang Maju.

  1. Smartfren Community Tangerang #bukapelung dengan membangun Growth Mindset

Mungkin akhir-akhir ini kita sering denger banyak orang membahas fix mindset dan growth mindset, bahkan dikelas online Smartfren Community ini juga dibahas. Jika kamu penasaran silakan cari di instagram @smartfrencommunity atau di channel youtube smartfren community.

Setelah roadshow diberbagai sekolah di Tangerang Raya, saya menyadari bahwa hal mendasar yang perlu dibangun untuk mendorong generasi menjadi unggul yaitu adalah mindset atau pola pikir. Dengan mindset yang benar, mereka mampu menata hidupnya dengan baik. Apa yang menunjukkan fix mindset para generasi? Misalnya mereka hanya pasrah saja kalau anak SMA harus kuliah, kalau tidak kuliah tidak dapat pekerjaan. Atau kalau sudah lulus sekolah ya bekerja untuk cari duit. Dan masih banyak contoh fix mindset lainnya. atau bisa jadi kamu juga masih memiliki “fix mindset”? aku itu ya begini, aku itu ga bisa kerja, aku itu bla bla bla. Itu juga termasuk fix mindset loh teman-teman. Hati-hati ya, jangan samai terjebak.

Padahal ketika mereka sudah kuliah juga banyak yang asal kuliah, yang penting bisa kuliah. Mindset “yang penting kuliah” ini akan mematikan generasi Indonesia kedepan. Jika separuh saja jumlah generasi muda Indonesia memiliki fix mindset, maka Indonesia akan tenggelam dikemudian hari. Karena generasinya tidak bisa tumbuh menjadi generasi yang unggul.

Smartfren Community #BukaPeluang dengan memberikan edukasi generasi muda untuk mengubah mindset, yang sebelumnya fix mindset menjadi Growth Mindset. Smartfren Community melakukan hal ini berkeliling ke berbagai sekolah dan kampus. Salah satunya adalah di kampus UNIS ( Universitas Islam Syeikh Yusuf) Kota Tangerang. Para mahasiswa dari Fakultas Ekenomi Islam belajar besama untuk membenahi mindset mereka. sehingga ketika mereka lulus kuliah sudah siap menyongsong masa depan yang lebih cerah. Setidaknya mereka tidak menyumbang angka pengangguran di masa yang akan datang. Namun mampu buka peluang agar banyak orang tercerahkan dengan pola Growth Mindset.

 

  1. Smartfren Community Tangerang #BukaPeluang dengan mengembangkan Literasi

Unesco menyebutkan Indonesia berada urutan terendah kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca!.  Ini merupakan jumlah yang mengecewakan karena artinya masih kecil budaya membaca orang Indonesia.

Riset yang bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked, dilakukan oleh Central Connecticut State University, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca (sumber: konde.co)

Melihat hal ini tentu semua orang merasa sedih, lantas apakah kita hanya bisa meratapi keesdihan dan diam saja? Tentu saja tidak sudah banyak yang melakukan kampanye minat baca ke seluruh penjuru nusantara termasuk Smartfren Community. Smartfren community turut buka peluang dengan menggembangkan literasi.

Bagaimana caranya? Saya dulu berpikir bahwa setiap orang yang rajin menulis tentu rajin juga membaca. Misal ketika kita menulis satu buku, paling tidak kita akan membaca 2 – 5 buku sebagai referensi bahkan bisa lebih banyak.

Akhirnya muncul program yang kemudian kita kampanyekan adalah DigitaLiterasi dan Berani Jadi Penulis. Program Digitalitasi saat itu bertujuan untuk secara khusus mendorong generasi muda khususnya Tangerang Raya untuk mampu membaca lebih banyak buku atau konten yang bermanfaat, baik itu ebook ataupun artikel online. Seiring berjalannya waktu, program ini terus dievaluasi dan mencoba dengan program baru yaitu “Berani Jadi Penulis”.

Berani Jadi Penulis medorong setiap orang untuk bisa jadi penulis. Apakah harus menjadi penulis buku? Tidak juga, boleh menulis artikel. Namun, secara tujuan besar adalah setiap rak-rak buku perpustakaan sekolah dan kampus bisa diisi oleh buku karya siswa. Kebayangkan jika sekolah memiliki 5 (lima) penulis dan kelima penulis ini mementoring siswa yang lain untuk menelurkan karya juga dan begitu selanjutnya. Maka, minat baca dan daya baca generasi Indonesia akan meningkat sedikit demi sedikit.

 

Selain mampu menerbitkan karya berupa buku mereka juga mampu mendapatkan hasil berupa materi sebagai imbal balik atas karyanya. Program ini insyaallah tahun depan akan kami (Smartfren Community Kota Tangerang) jalan kembali melalui Rumah Kreatif Smartfren Community sehingga semakin banyak buka peluang untuk generasi muda dalam menerbitkan karya dan meninggalkan warisan tak ternilai harganya.

 

 

  1. Smartfren Community Tangerang #BukaPeluang dengan membangun mindset entrereneruship & Digital Marketing

Provinsi Banten menduduki peringkat pertama jumlah terbanyak angka pengangguran di Indonesia. Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat pengangguran di Tanah Jawara sebesar 8,01 persen atau sebanyak 489.216 orang. Data tersebut adalah data terbaru tahun 2020. sedangkan di Kota Tangerang, dibandingkan tahun lalu, jumlah pengangguran di Kota Tangerang di tahun 2020 meningkat cukup tajam kurang lebih 8.000 orang sehingga total sekitar 87.429 orang. Angka yang juga cukup besar untuk wilayah yang memiliki banyak pabrik atau industri.

Melihat kondisi yang seerti ini, Smartfren Community juga ingin ambil peran buka peluang meningkatkan jumlah entrepreneur di wilayah Tangerang. Berbagai kegiatan yang kita lakukan adalah roadshow ke sekolah dan kampus melakukan seminar “Motivasi Bisnis Untuk Millenial” dan menyiapkan mindset pengusaha sukses melalui seminar “7 Mindset Entrepreneurship Generasi Milenial”. Program ini berjalan ke berbagai sekolah dan kampus serta forum PKBM di tangerang raya dan sedikit ke kota Jakarta barat.

Kami berharap dengan tujuan ini minimal peserta mengubah mindsetnya bahwa semua orang berhak menjadi pengusaha. Semua orang berhak menjadi pengusaha sukses dengan kreativitas yang dimilikinya. Sehingga ketika mindset berubah dan akhirnya menjadi pengusaha, maka akan banyak menyerap lapangan kerja dan tentunya mengurangi pengangguran.

Program ini insyaallah tahun depan 2021 akan kami fokuskan kembali melalui Rumah Kreatif Smartfren Community, rumah kreatif ini kami jadikan sebagai tempat untuk bertumbuh. Harapannya akan semakin banyak pengusaha muda yang lahir dari mereka yang masih sekolah dan kuliah.

Buka Peluang tidak hanya bicara tentang uang, bicara buka peluang adalah bagaimana orang mau dan mampu bergerak untuk membangun kehidupannya menjadi lebih baik. Ketiga hal diatas, Growth Mindset, LIterasi dan Entreprenurship ketika kita ajarkan dengan serius maka kita akan mendapatkan generasi yang ungguh dan tangguh. Bayangkan, setiap orang memiliki mindset yang terus bertumbuh, kemudian kemampuan literasinya juga mumpuni dan ditambah kempuan wirausahanya keren. tentu ini akan menjadi paduan dan solusi bagi bangsa ini kedepan.

Harapan saya tahun depan, saya bersama tim Smartfren Community Tangerang dan Rumah Kreatif Smartfren Community Kota Tangerang mampu memberikan dampak manfaat yang jauh lebih besar lagi bangsa Indonesia, khususnya Kota Tangerang sehingga mampu buka peluang lebih luas lagi. Sampai jumpa dipuncak kesuksesan yang kita inginkan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *