Kelola Arus Data Bisnis Anda

Kelola Arus Data Bisnis Anda

Pernah kah Anda berpikir data itu penting?

Sudahkah Anda mencatatnya?

Sudahkah Anda mengolahnya?

Bagi sebagian orang menganggap data itu biasa saja, bahkan sering diabaikan. Apalagi bagi sebagian kalangan UMKM, baginya yang penting jualan dan lanjut dapat untung, selebihnya dibiarkan lewat saja.

Saya masih ingat betul, kata-kata dari Guru Grand Master Grounded Coach Imam Elfahmi saat saya belajar di sana. Beliau berkata “Data itu membuat kita berdaya”. Kata-kata ini terus menggentayangi otak saya hingga hari ini. Pasalnya ketemu dengan banyak UMKM mereka itu rata-rata masih lemah dengan DATA. Fokus mereka pada penjualan dan penjualan. memang bbetul tidak ada yang salah bahkan wajib jualan terus. Namun, harus mulai dibuah mindsetnya, mulai kelola datanya.

Ngomong-ngomong soal data, beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke salah satu dealer Toyota di Tangerang, dealer ini dulu tempat saya meniti karir dan belajar tentang Kaizen. Sampai hari ini saya masih sering berkunjung dan lihat perkembangan Kaizennya. Berkunjung hanya sekedar diskusi kecil dan lihat progress perbaikan-perbaikan di dealer tersebut.

Saat masuk ke area service (bengkel) mata saya langsung tertuju pada sebuah white board besar yang digaris-garis. Saat saya mendekat ternyata isinya sebuah catatan tentang data servis kendaraan, mulai dari data servis skala berat dan ringan atau servis berkala. Tidak hanya itu white board tersebut juga menunjukkan data Wait Reception, Wait Washing, Wait Production dan Wait Call Customer. Sangat detail pencatatannya, data ini digunakan untuk melakukan Controling terhadap proses kerja teknisi dan staf lainnya. sehingga ketika melakukan Kaizen (Perbaikan) selalu mengacu pada data. Data tersebut di-update setiap harinya setelah selesai pekerjaan oleh petugas.

Hanya dengan melihat data tersebut kita sudah tahu, masalah yang akan timbul dikemudian hari. Sehingga kita sudah bisa melakukan antisipasi dengan perbaikan-perbaikan.

So, kalau perusahaan yang sudah besar dan maju saja aware terhadap pentingnya data, masa kita enggak?

Segera kelola dan kontrol arus data dibisnis Anda, mulai dari pelanggan, proses produksi, dan data apapun yang berkaitan dengan bisnis yang Anda kelola. Jadikan data sebagai sumber inspirasi untuk memajukan bisnis Anda.

Salam kazien

Harlan Purwanto

Kaizen Man

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *