5+1 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Takut Berbicara Di Depan Umum

5+1 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Takut Berbicara Di Depan Umum

“Perbedaan antara orang sukses dan orang gagal terletak pada cara mereka mengelola rasa takut. Orag GAGAL membiarkan ketakutan menghentikan mereka, sementara orang SUKSES bisa mengatasi rasa TAKUT yang mereka alami”. Ongky Hojanto

 

Apakah Anda masih merasa takut dan seakan jantung Anda berdebar lebih kencang dari biasanya, dalam hal apapun? Jika Iya, selamat! Itu artinya Anda masih hidup, yang saya takutkan adalah Anda sudah tidak bernyawa dan belum melakukan apa-apa untuk hidup Anda.

Rasa takut itu pernah saya alami, sejak kecil hingga usia 25 tahunan saya belum pernah naik pesawat terbang. Hingga akhirnya saya mempunyai keempatan untuk terbang menghadiri sebuah acara di pulau luar jawa. Masuk bandara untuk check-in saja sudah merasa berdebar-debar seperti mau bertemu dengan calon metua. Hehehe.. apalagi saat melakukan boarding di pesawat hingga mulai lepas landas, beuuuuh jantung tak henti-hentinya berdebar, mulut juga tak henti-hentinya berdzikir.

Rasa takut itu berangsur hilang ketika saya mulai sering naik pesawat terbang dan sudah menjadi hal biasa melakukannya. Jantung berdebarpun sudah tidak sekencang dahulu pas pertama kali naik pesawat.

Begitu juga bagi Anda yang masih merasa takut untuk berbicara di depan umum, masih takut, tidak percaya diri, atau jantung berdebar sangat kencang. Saya juga pernah merasakan itu saat awal ditunjuk untuk memimpin rapat dan memimpin briefing.

Naah bagi Anda yang masih belum mampu mengelola rasa takut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan menurut guru saya Pak Ongky Hujanto.

  1. Penyesuaian diri

Berbicara di depan umum memang menjadi momok menakutkan bagi mereka yang tipe pemalu dan tidak PD-an. Padahal kemampuan public speaking sangat bermanfaat bagi siapaun untuk meningkatkan penjualan, karir dan bisnis. Tips yang pertama adalah penyesuaian diri. Anda harus bisa melakuan penyesuaian diri terhadap peserta dan hal teknis lainnya. sebelum Anda tampil lakukan pengetesan atau acting di atas panggung dan coba microphone seolah Anda sedang di depan peserta. Lakukan penyesuaian pakaian, sesuaikan dengan kondisi peserta. Selain itu lakukan penyesuain mental dan pikiran Anda dengan cara mengafirmasi dalam diri bahwa Anda mampu dan akan berhasil.

  1. Pemanasan

Sebelum Anda tampil, wajib bagi Anda untuk melakukan pemanasan berbicara di depan umum. Meskipun hanya sekadar mengetes panggung dan mic. Selain itu Anda bisa melakukannya berbicara di depan tim, istri atau sopir anda. Meskipun mereka tidak mengerti apa yang anda sampaikan, abaikan saja. Karena hal ini hanya sebagai pengulangan apa yang akan Anda sampaikan nantinya.

  1. Pernapasan

Rasa takut, yang akan terkonversi menjadi rasa gugup, gemetar, pucat dan lainnya adalah bentuk nyata dari ketakutan anda. Pada dasarnya hal itu muncul karena kurangnya oksigen yang masuk dalam diri Anda. Sehingga penting bagi Anda untuk bisa mengatur nafas dengan baik.

 

Ketiga itu bisa anda latih secara kontinyu oleh Anda sendiri. Selain 3 hal di atas masih ada 3 lainnya yang akan saya bahas lebih jauh dan mendalam dalam event Training Speak Up tanggal 9 Desember 2018. Dapatkan harga khusus untuk komunitas.

 

Bagi Anda yang ingin bergabung bisa langsung menghubungi CP di 085742162124 (Muklis)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *