5+1 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Takut Berbicara Di Depan Umum  (Lanjutan)

5+1 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Takut Berbicara Di Depan Umum (Lanjutan)

Hai, sudah sekian lama masih belum PD juga berbicara di depan umum? Atau di depan Tim dalam bisnis Anda sendiri deh? Wah wah kalau belum berarti Anda wajib baca trik tambahan ini. Eeeiiitss, pastikan Anda sudah membaca untuk yang bagian pertama ya. Agar ilmu yang Anda dapatkan bisa lengkap tidak kurag satu apapun.

Sebelumnya saya telah membahas tiga trik yaitu Penyesuaian Diri, Pemanasan, Pernapasan. Selengkapnya Anda bisa baca di  5+1 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Takut Berbicara Di Depan Umum.

Kalau sudah Anda baca sampai selesai, sekarang saya akan bahas yang ketiga selanjutnya, agar Anda semakin Percaya Diri berbicara di depan Umum ataupun tim Anda sendiri.

  1. Penjangkaran

Pernah Anda mengalami hal-hal seperti ini

  • Saat mendengar sebuah lagu, Anda terkenang saat lagu itu sering Anda dengar, mungkin saat SMA, Kuliah dan Anda langsung teringat momentnya lengkap.
  • Saat mencium bau parfum tertentu, Anda teringat akan istri, suami, orangtua atau teman yang menggunakan parfum tesebut.
  • Saat melihat sebuah foto, mendadak Anda tersenyum mengingat kenangan saat foto itu diambil.

Jika Anda menjawab IYA, itulah penjangkaran. Bagaimana caranya menggunakan penjangkaran ini? Tentunya sangat mudah. Kondisi yang kita inginkan adalah Percaya Diri, maka kondisi ini yang Anda inginkan, coba ulangi kondisi apa yang Anda inginkan? PERCAYA DIRI. Anda bisa menentukan jangkar yang unik untuk sebagai pemicunya, misal gerakan dan suara (apapun terserah Anda). Selanjutnya ingat kembaki situasi dalam hidup Anda dimana saat itu Anda merasa sangat Percaya Diri sekali saat berbicara. Resapi moment tersebut dan hadirkan moment tersebut disuasanan Anda saat ini. Jika jangkar Anda sudah Anda dapatkan segera pegang kuat-kuat dan ucapkan apapun yang tadi sudah Anda tentukan sebagai pemicu. Penjangkaran ini bisa Anda gunakan sebelum melakukan public speaking.   

  1. Perubahan Bahasa Tubuh

Perbedaan yang mencolok pada orang yang berani dan orang yang takut adalah terletak pada bahasa tubuh. Bahasa tubuh ini meskipun seringkali disembunyikan ketakutan dan rasa deg-degan, pasti akan terlihat. Beberapa hal yang bisa Anda gunakan saat Anda mulai takut dan tidak percaya diri.

  • Tersenyumlah, meskipun tersenyum Anda dipaksakan
  • Busungkan dada
  • Lompat-lompat, bisa digunakan untuk mengajak para audience agar tetap semangat.
  • Arah pandangan mata
  • Berdiri tegak

Beberapa hal tersebut bisa Anda lakukan saat Anda diberikan kesempatan public speaking.

      +1. Kuasai Materi

Orang yang tida percaya diri umumnya mereka tidak menguasai materi yang akan disampaikan secara mendalam. Di dalam pikirannya, mereka akan berandai-andai jika ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Selain itu juga takut salah dalam mengucapkan seusatu. Selain itu juga ada, takut dan merasa tidak pantas, apalagi dibangku audience ada guru atau seniornya.

Hal ini terkadang membuat orang semakin tidak percaya diri dan tidak berani melakukan public speaking. Naah, pastikan Anda menguasai apa yang Anda akan sampaikan. Kalau Anda sudah menguasai konten atau materi yang Anda sampaikan maka kecil kemungkinan Anda merasa gerogi, minder dan sejenisnya.

So, mari kita tingkatkan kemampuan berbicara kita agar semakin banyak orang tercerahkan dengan apa yang kita sampaikan. Kalau Anda pebisnis, setidaknya Anda tidak salah dalam memberikan instruksi kepada tim Anda yang akan melaksanakan secara teknis. Yuuuk, join di kelas SPEAK UP Bacth 3 Tangerang tanggal 24 Februari 2019 dan Bacth 4 di Cilegon tanggal 2 Maret 2019. SEGERA DAFTAR KUOAT TERBATAS, AGAR PEMBELAJARAN MAKSIMAL.

 

 

 

 

Salam Kaizen

Harlan Purwanto

 

 

 

 

 

sumber : Pribadi dan buku Public Speaking Mastery karya Ongky Hojanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *